Wisata Batu Tumpang Garut merupakan destinasi wisata yang berada dekat dengan Perkebunan Teh PTN Giri Awas.Sebenarnya, kawasan ini menyimpan potensi yang besar untuk dijadikan objek wisata. sangat berpotensi besar apabila dikelola oleh pemerintah atau secara perorangan. Batu Tumpang merupakan destinasi alternatif yang bisa anda coba kala berkunjung di daerah Cikajang Garut. Mengusung keindahan pegunungan yang khas dengan perkebunan teh membuat objek wisata ini menjadi salah satu magnet bagi para pengunjung lokal. Pada akhir pekan tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan luar Garut seperti Bandung dan Jakarta.

Sayangnya, Wisata Batu Tumpang Garutini tak diimbangi dengan pengelolaan tempat yang baik. Hanya warung warung kecil hasil swadaya masyarakat berdiri di sepanjang perjalanan rasanya sedikit membantu pengunjung untuk beristirahat kala lelah menyerang. Anda tak akan menemukan makanan khas daerah garut jika berkunjung ke tempat ini. Kebanyakan dari pemilik warung hanya menjual makanan yang praktis dan cepat laku saja. Uniknya, Batu Tumpang hanyalah batu besar yang menempel pada tanah hingga terlihat seeprti miring dari kejauhan namun begitu terkenal untuk dijadikan latar belakang swafoto yang ciamik. Anda tak perlu repot untuk mencari Batu Tumpang ini, lokasinya berdekatan dengan Pantai Santolo Garut, Pantai Ranca Buaya, atau objek Wisata di Garut Selatan, ,membuat tempat ini mudah untuk ditemukan.

Untuk menuju ke tempat wisata di garut Batu Tumpang Garut, bisa menggunakan angkutan umum jurusan Cikajang Garut (Warna Biru—Cibodas). Sesampainya di Cikajang anda akan menemukan pasar induk kota tersebut. Teruskan perjalanan anda searah jalan raya hingga 6 kilometer jauhnya untuk sampai di Batu Tumpang tersebut. Anda tak eprlu sungkan untuk bertanya alamat pada penduduk sekitar. Mereka dengan senang hati menjawab pertanyaan anda. Malah jika beruntung, warga akan menawarkan jasa ojek yang relatif murah untuk anda.

Siapapun bisa berkunjung ke tempat ini secara gratis. Bagi pengunjung yang suka menantang adrenalin, tebing alam batu tumpang bisa jadi jawabannya. Kebanyakan wall climber datang ke Batu Tumbang untuk latihan. Pohon pohon pinus yang tumbuh hingga menjulang tinggi membuat panorama alam dari tempat wisata ini sangatlah memikat. Tak beda jauh dari puncak yang ada di daerah bogor. selain menawarkan pemandangan lanskap yang mempesona ditemani dengan udara sejuk pegunungan dan jalan berkelok yang dikurung oleh kebun the, membuat tempat ini sangat cocok untuk anda yang suka swafoto bersama kawan. Belakangan wisata Batu Tumpang semakin dengan masik terkenalnya daerah wisata yang berada di sana seperti pantai Santolo. Anda bisa menyempatkan diri untuk sekedar beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke Pantai Santolo atau sengaja membawa peralatan panjang tebing demi mengunji nyali dan mengatas ketangkasan tebing setinggi 20 meter ini. pada akhir pekan, penggiat alam bebas memilih untuk bermalam di kawasan wisata Batu Tumpang garut ini. sumber : pesonagarut.com

Setelah puas wisata Batu Tumpang Garut anda bisa bermalam di resort maupun peginapan yang bisa anda sewa dengan harga beragam. Jika anda mengingikan penginapan dengan pelayanan terbaik, anda bisa menjatuhkan pilihan anda pada Resort Kampung Sampireun Garut dan Kampung Sumber Alam Garut.Jika anda yang berlibur dengan sistem ransel, ada banyak penginapan yang bisa sewa. Harga mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tersedia di sekitar tempat wisata ini.